Know More

Our Blog

Dalam rangka meningkatkan kompetensi, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas Muhammadiyah Jember mengikuti pelatihan manajemen risiko. Manajemen risiko adalah sebuah proses mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari kerugian atau inefisiensi. Pelatihan manajemen risiko dilaksanakan tanggal 30 April 2024 bertempat di Jakarta Timur Kantor Evodia Global Sertifikasi yang diadakan oleh PT. Evodia Global Sertifikasi dengan materi gambaran umum manajemen resiko, manajemen risiko berdasarkan ISP 31000:2018, implementasi manajemen risiko di perguruan tinggi. Keikutsertaan PPM dalam pelatihan ini sebagai bentuk pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan tim PPM memiliki kemampuan untuk melacak sumber-sumber risiko, menyediakan informasi risiko bagi pengelola kampus, dan membantu pengelola kampus meminimalisasi kerugian akibat risiko.

Dalam rangka peningkatan mutu perguruan tinggi, Pusat Penjamin Mutu (PPM) Universitas Muhammadiyah Jember melakukan benchmarking ke Universitas Atma Jaya pada Selasa, 27 Februari 2024. Acara Benchmarking diisi dengan tanya jawab terkait kebijakan SPMI, pedoman penerapan siklus SPMI, standar mutu dan sarana pendokumentasian Implementasi SPMI. Kegiatan ini mendapat respons yang sangat baik dilihat dari bervariasinya pertanyaan terkait SPMI. Acara benchmarking diakhiri dengan saling tukar cinderamata dan foto bersama. Melalui Benchmarking ini Universitas Muhammadiyah Jember diharapkan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman praktik baik di perguruan tinggi lain, dalam hal pengelolaan Akademik dan Non Akademik yang berdasarkan siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP).

Sebagai upaya peningkatan wawasan di bidang penjaminan mutu pendidikan, Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas Muhammadiyah Jember melakukan benchmarking ke Bada Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan benchmarking ini berlangsung pada Selasa, 27 Februari 2024. Pada sesi pertemuan yang berlangsung antara PPM Universitas Muhammadiyah Jember dan BPM Universitas Ahmad Dahlan kedua belah pihak berdiskusi secara intensif mengenai pengelolaan SPMI yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, penerapan AMI di berbagai level/jenjang, prosedur pelaksanaan AMI dan SPMI, sistem informasi pendukung yang digunakan dalam AMI dan SPMI serta dokumen SOP dan Manual Prosedur yang ada dalam bidang penjaminan mutu Universitas Ahmad Dahlan. Kunjungan ini bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya terkait mekanisme pelaksanaan Audit Mutu Internal yang baik dan terarah. Pada kegiatan Benchmarking ini diharapkan dapat tercipta inovasi-inovasi baru yang memberikan manfaat yang positif serta berdampak pada perkembangan perguruan tinggi

 

Pusat Penjaminan Mutu (PPM) Universitas Muhammadiyah Jember melaksanakan kegiatan Benchmarking dengan salah satu perguruan tinggi di wilayah Jawa tengah yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk melakukan benchmark terkait Sistem Penjaminan Mutu. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring di Gedung Induk Siti Wlidah, Senin, 26 Februari 2024. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka menimba ilmu pada Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) Universitas Muhammadiyah Surakarta yang dinilai sukses membawa UMS meraih akreditasi unggul serta telah mencapai berbagai prestasi yang dapat menjadi contoh yang terbaik bagi Universitas Muhammadiyah Jember dalam memperbaiki kualitas layanan dan mencapai tujuan akademik yang lebih baik. Adapun dalam kegiatan tersebut, PPM mengamati dan memahami praktik terbaik yang telah diimplementasikan di UMS. Diharapkan melalui kegiatan benchmarking ini dapat memberikan inovasi-inovasi baru dan komitmen kuat untuk selalu meningkatkan kualitas penjaminan mutu di masing-masing Universitas.

Dalam meningkatkan mutu layanan dan perbaikan Program Studi S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember menjalani Asesmen Lapangan secara luring dan daring dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) pada tanggal 01-02 Februari 2024.

Asesor LAMEMBA yang melakukan Asesmen Lapangan Program Studi S1 Akuntansi adalah Prof. Dr. Haryono Umar, Ak, MSc,CA, CPAM dari Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia Perbanas dan Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA dari Universitas Islam Indonesia. Asesmen Lapangan tersebut dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Dosen dan tenaga kependidikan.

Kegiatan Asesmen Lapangan berlangsung selama dua hari dan berjalan dengan lancar. Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan asessmen, pengenalan asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan. Dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan UPPS & Prodi untuk mengonfirmasi proses pengecekan dokumen LKPT (Laporan Kinerja Perguruan Tinggi), LED (Laporan Evaluasi Diri), Data dan proses SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) dengan melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaannya seperti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan/ stakeholder.

Agenda selanjutnya tim asesor melaksanakan kegiatan keliling Universitas Muhammadiyah Jember guna melihat kondisi sarana dan prasarana (ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, ruang prodi & pimpinan, dsb) dilanjutkan dengan penyampaian draft Berita Acara ke Prodi & UPPS, feedback dari UPPS & Prodi, finalisasi Berita Acara AL, Penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan.

Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada Program Studi S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember dan semua pihak yang terkait atas terselenggaranya kegiatan Asesmen Lapangan. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu Program Studi S1 Akuntansi UM Jember.

Sebagai hasil akhir dari akreditasi secara resmi nantinya akan diumumkan dan sampaikan secara resmi ke Universitas.

In the last five to six years the FTA satellite receiver has become an everyday household electronic device. People all over the world are buying free to air receivers because of their growing and always evolving features and capabilities.

© 2024, Pusat Penjaminan Mutu

Search