Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang terus maju mengikuti perkembangan zaman, perkembangan yang begitu cepat ini berdampak pada perubahan yang signifikan pada lingkungan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Perubahan ini lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan Perguruan Tinggi Nasional Untuk meresponnya. Pasar dan persaingan pendidikan tinggi menjadi lebih luas, baik pada tataran input maupun output. Keadaan ini menunjukkan bahwa tuntutan dunia pendidikan dan persaingan pendidikan tinggi di Indonesia semakin kompleks dan dinamis padahal sumberdaya yang dimiliki Perguruan Tinggi Nasional Relatif beragam dan terbatas.

Perguruan Tinggi di Indonesia, saat ini dan akan datang, menghadapi permasalahan berupa rendahnya tingkat kelayakan strategis yang bersumber dari adanya kesenjangan antara tuntutan lingkungan dan persaingan dengan sumber daya internalnya. Daya saing sejumlah Perguruan Tinggi di Indonesia dalam persaingan pendidikan tinggi cenderung menurun sehingga mengancam keunggulan posisi dan keberlanjutan Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

Fenomena masalah diatas dihadapi juga oleh Universitas Muhammadiyah Jember (Universitas Muhammadiyah Jember). Karena itu Universitas Muhammadiyah Jember perlu meredefinisi strateginya yang difokuskan pada upaya mengurangi kesenjangan antara tuntutan lingkungan dan persaingan dengan sumberdaya internalnya, sekaligus meningkatkan daya saingnya baik di pasar regional maupun nasional. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan secara berkelanjutan terhadap mutu sumberdaya manusia, proses dan fasilitas fisik melalui suatu sistem penjaminan mutu yang memadai.

Dalam perspektif manajemen mutu, Universitas Muhammadiyah Jember perlu mengendalikan mutu kegiatan yang diselenggarakannnya pada setiap tahapan dalam proses bisnisnya mencakup input, proses, output dan kepuasan stakeholders. Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Jember langsung mengambil langkah strategis dengan membentuk Penjaminan mutu Universitas Muhammadiyah Jember yang baru dibentuk pada 1 April 2009 dan berakhir pada tahun 1 April 2013 dengan nama Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Jember, Dr. Dwi Cahyono, M.Si.Akt sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Ir.Arief Noor Akhmadi, MP sebagai Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu.

LPM mempunyai kantor sekretariat yang strategis dan mudah dijangkau. Pada tahun 2009 Universitas Muhammadiyah Jember mencanangkan sebagai “Tahun Mutu” artinya selama tahun 2009 Universitas Muhammadiyah Jember melakukan proses pelatakan pondasi awal “Penjaminan Mutu Institusi” sebagai tindak lanjutnya adalah dengan mengadakan Pelatihan “Balance Scorecard” yang diadakan pada tanggal 25-26 Mei 2009, yang mana balance scorecard adalah alat yang digunakan untuk penjaminan mutu di semua unit di lingkungan kerja Universitas Muhammadiyah Jember dan alat ini digunakan untuk mengukur kinerja unit-unit di Universitas Muhammadiyah Jember agar berprestasi (quality culture) Mekanisme kerja dari alat ini adalah pertama diadakan pelatihan awal untuk pengenalan balance scorecard.

Tujuan dibentuknya Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Jember adalah :

  1. Membantu pencapaian visi dan misi Universitas Muhammadiyah Jember melalui penjaminan mutu program dan pelayanan pendidikan
  2. Menetapkan peran seluruh komponen dalam penjaminan mutu pendidikan
  3. Menjamin seluruh komponen telah melaksanakan aktivitas sesuai dengan perangkat mutu pendidikan yang telah ditetapkan
  4. Mengembangkan, mempromosikan, mengkoordinasikan serta memonitor proses audit internal.
  5. Memfasilitasi dan mengkoordinasikan perbaikan mutu berkelanjutan di seluruh bagian yang ada di Universitas Muhammadiyah Jember
  6. Menjamin konsistensi dan efektifitas penjaminan mutu pendidikan yang berkelanjutan berdasar siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action) untuk mencapai prestasi mutu yang lebih baik.
  7. Mengembangkan perangkat dan panduan penjaminan mutu program akademik pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta program dan kegiatan non akademik, yang sifatnya umum.
  8. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegaitan penjaminan mutu program akademik dan non akademik
  9. Melaksanakan kajian-kajian terhadap pelaksanaan penjaminan mutu
  10. Menyampaikan hasil kajiannya kepada Rektor dengan tembusan sebagai masukan untuk Senat Universitas dan BPH.

Lembaga penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Jember akan dikembangan lebih besar lagi dengan mensyaratkan kepada keanggotaan untuk :

  1. Mempunyai kemampuan dalam membaca dan menulis konsep dan teori QA. Memahami dan menguasai konsep dan teori QA.
  2. Mempunyai kemampuan dalam menyebarluaskan pengetahuan Quality Assurance (planning-doing-checking-action/improvement) kepada pihak lain.
  3. Quality Management (planning dan doing).
  4. Quality Audit (checking).
  5. Quality Improvement (action atau improvement).
  6. Mempunyai skill menilai proposal pembukaan program studi baru, dan menilai program studi yang sedang berjalan, sesuai dengan standar.
  7. Mempunyai skill negosiasi, mengajak, dan mendorong orang untuk menerima dan melaksanakan QA di tempat unit yang ada.

Mengingat lingkup SPMI bukan saja di Universitas Muhammadiyah Jember saja, tetapi adanya sinkronisasi dengan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal, maka diperlukan panduan baku pengembangan SPMI untuk menjamin bahwa sistem tersebut dapat memenuhi harapan yang diinginkan dan juga dapat saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya (interoperabilitas). Selanjutnya, membangun SPMI bukan saja membangun infrastruktur manajemen mutu, tetapi juga berarti membangun infrastruktur sistem aplikasi mutu, standarisasi meta data mutu, pengembangan sumber daya manusia mutu, pengembangan prosedur mutu, kebijakan mutu dan peraturan. Oleh karena itu diperlukan Cetak biru (Blueprint) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Muhammadiyah Jember dimaksudkan untuk memberikan panduan baku Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu di Universitas Muhammadiyah Jember sesuai dengan potensi dan mutu lokal yang ada.

Visi :

Menjadi organisasi Jaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang handal dalam implementasi sistem manajemen mutu, guna memastikan terpenuhinya standar mutu akademik bagi terwujudnya Universitas Muhammadiyah Jember dalam membangun peradaban lokal dan global yang diridhoi oleh Allah SWT.

Misi :

Mendorong semua fakultas, akademi, program studi, lembaga dan unit yang ada untuk mengembangkan budaya akademik yang berorientasi kepada mutu, sikap bersaing secara sehat sehingga dapat mencapai prestasi tertinggi dengan mengacu pada Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Jember.