Tentang Kami

Lembaga penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Jember akan dikembangan lebih besar lagi dengan mensyaratkan kepada keanggotaan untuk :

  1. Mempunyai kemampuan dalam membaca dan menulis konsep dan teori QA. Memahami dan menguasai konsep dan teori QA.
  2. Mempunyai kemampuan dalam menyebarluaskan pengetahuan Quality Assurance (planning-doing-checking-action/improvement) kepada pihak lain.
  3. Quality Management (planning dan doing).
  4. Quality Audit (checking).
  5. Quality Improvement (action atau improvement).
  6. Mempunyai skill menilai proposal pembukaan program studi baru, dan menilai program studi yang sedang berjalan, sesuai dengan standar.
  7. Mempunyai skill negosiasi, mengajak, dan mendorong orang untuk menerima dan melaksanakan QA di tempat unit yang ada.

Mengingat lingkup SPMI bukan saja di Universitas Muhammadiyah Jember saja, tetapi adanya sinkronisasi dengan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal, maka diperlukan panduan baku pengembangan SPMI untuk menjamin bahwa sistem tersebut dapat memenuhi harapan yang diinginkan dan juga dapat saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya (interoperabilitas). Selanjutnya, membangun SPMI bukan saja membangun infrastruktur manajemen mutu, tetapi juga berarti membangun infrastruktur sistem aplikasi mutu, standarisasi meta data mutu, pengembangan sumber daya manusia mutu, pengembangan prosedur mutu, kebijakan mutu dan peraturan. Oleh karena itu diperlukan Cetak biru (Blueprint) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Muhammadiyah Jember dimaksudkan untuk memberikan panduan baku Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu di Universitas Muhammadiyah Jember sesuai dengan potensi dan mutu lokal yang ada.